Sambada Farm

Bhut Jolokia (Capsicum chinense) pernah menjadi cabe terpedas di dunia. Cabe ini berasal dari daerah Assam, India yang kemudian dikembangbiakkan di seluruh dunia. Trinidad Scorpion Butch T (Capsicum chinense) berasal dari Trinidad yang sudah dipilih oleh seorang pemulia bernama Butch T. Strain Butch T ini lalu banyak dikembangbiakkan di Australia. Saat ini Butch T secara resmi masih merupakan Cabe terpedas di dunia, meskipun sudah ada pesaingnya yaitu Trinidad Moruga Scorpion yang belum resmi menjadi cabe terpedas di dunia.

Semua jenis cabe, termasuk Bhut Jolokia dan Trinidad Scorpion sangat cocok dibudidayakan di Indonesia karena memang cabe adalah tanaman tropis. Sebenarnya cara tanam cabe jenis ini sama dengan cabe pada umumnya. Banyak sekali buku-buku yang membahas tentang cara menanam cabe. Perbedaan utama hanya terletak pada umur yang lebih panjang dan sosok yang lebih besar.

Ringkasan:

  • Waktu berkecambah 4 hari sampai 8 minggu
  • Panen pertama saat umur 3 sampai 6 bulan

Persiapan

Untuk persemaian, gunakan tanah saja. Jangan menggunakan kompos atau cocopeat karena bersifat asam yang dapat menghambat perkecambahan.

Usahakan media tanam steril, cara mensterilkan yaitu dipanaskan sampai suhu minimal 70 derajat Celcius.

Wadah yang digunakan bisa plug tray/seedling tray/tray semai ataupun polybag ataupun pot atau terserah apapun wadahnya. Sebaiknya waktu menyemai tidak menggunakan wadah yang besar agar pengaturan air lebih mudah.

Sebelum disemai, sebaiknya benih cabe direndam semalam dengan air yang dicampur pupuk organik cair agar benih bisa lebih cepat tumbuh.

Penyemaian

Penyemaian dilakukan dengan cara membuat lubang kecil sedalam 1 cm pada media lalu menaruh benih di dalam lubang tersebut lalu menutupnya dengan media tanam. Bisa juga dilakukan dengan cara meletakkan begitu saja di atas media lalu tutup dengan media setinggi setengah cm.

Letakkan persemaian di tempat teduh. Jaga kelembaban media tapi jangan sampai becek. Suhu yang ideal agar tingkat keberhasilan bertunas tinggi adalah 25-30 derajat celcius.

Pindah Tanam

Pindahkan ke tempat yang terang yang mendapat sinar matahari banyak saat sudah muncul dua pasang daun sejati (empat daun sejati & dua daun semu/kotiledon). Pemindahan tersebut bisa sekalian dengan memindahnya ke lapangan (tanpa wadah). Jika dipindah ke lapangan sebaiknya menggunakan jarak tanam 30 x 30 cm atau lebih.

Apabila tidak ingin dipindah ke lapangan, sesuaikan besar wadah dengan besar tanaman, jika wadah memang sudah tidak cukup menampung tanaman tersebut maka harus dipindah ke wadah yang lebih besar.

Untuk media tanam ketika pindah tanam ini, kita dapat mencampur tanah dengan kompos/pupuk kandang, bisa juga dicampur cocopeat dan atau sekam dan atau sekam bakar. Perbandingannya terserah, yang penting kompos/pupuk kandang merupakan separuh dari komposisi total.

Perawatan

Yang perlu diperhatikan adalah kecukupan Nutrisi dan kecukupan Air. Tapi jangan sampai becek karena cabe tidak suka becek.

Pemesanan Benih:

Harga: Rp 9.675 -> Tersedia
Rp 3.225 per biji
Harga: Rp 9.994 -> Tersedia
Rp 4.997 per biji
Harga: Rp 9.994 -> Tersedia
Rp 4.997 per biji
Harga: Rp 29.776 -> Stok Kosong
Rp 5.955 per biji
Untuk pemesanan benih, silahkan klik tombol "pesan" di atas. Kami TIDAK menerima pemesanan benih melalui SMS/whattsapp/telepon/email ataupun media lainnya melainkan hanya menggunakan shopping cart di link tersebut (shop.sambadafarm.com) atau anda dapat langsung membeli di tempat kami: alamat dan denah. JANGAN meninggalkan komentar di sini untuk memesan benih, karena ini hanyalah halaman blog, bukan tempat untuk pemesanan.
cabe trinidad moruga scorpion, Cara semai cabe setan, gambar asparagus baru di pindah kelapangan, jual cocopeat muntilan, jual domba betina ekor tipis, kambing australia, menanam cabai terpedas didunia, perbedaan bunga aster dan cicorium, proses semai biji cabe habanero

9 Comments

  • Saripohatji says:

    Cabe kayak Cinta Laura yah, gak suka becek ^^

  • andi yusup says:

    Itu media yang digunakan disebutkan tanah/sekam bakar yang dicampur pupuk kandang.trus media tersebut disterilkan pada suhu 100 derajat celcius.berarti media tersebut dibakar atau diapain gitu??
    Mohon dijelaskan,biar bibitnya bisa tumbuh dengan sukses..terima kasih..

  • andi yusup says:

    Oke pak..bibit sudah saya terima sesuai pesanan..semoga lancar nanamnya..

  • Hairy says:

    mantap. mudahan saya bisa ikut menanamnya…mau bikin “sayur asem setan merah”

  • samuel says:

    mas sya mnta alamt yg di DIY dong..mas nmpang tnya ya..sya nnam cabe yg brumur 2mnggu,slma 2hri ga sya liat2..kok tba2 daunnya pd hbis,jd skrng tnggal btanggny aj..sya pkir itu ulet,tp sya cari ga ad ulet di setiap pot..itu knp ya..??mhon bmbinganny..trmksih

  • Iwan Gundul says:

    Untuk cabe, sebenarnya ga masalah di tanam di tanah yang agak gembur. Yang penting perhatikan unsur haranya (beri pupuk bila perlu) dan pengairannya. Punya gue ( beberapa jenis cabe yang pedas sekali ) di perkarangan tumbuh subur dan banyak hasilnya.
    Banyak tetangga yang minta karena pedasnya mereka suka ( pedas sekali ). Gilee,,, tetangga gue doyan cabe yang superpedas rupanya….

  • Nur Ela says:

    akhirnya ketemu juga info tentang cabe gandot. susah banget nyarinya. makasih yaa infonya. blognya berguna banget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *