Panduan Penamaman Biji Mawar

Mawar merupakan tanaman subtropis yang dapat hidup baik di lingkungan tropis. Di Indonesia mawar biasa dikembangbiakkan dengan cara stek karena memang cara inilah yang termudah.

Untuk menumbuhkan mawar dari biji, dibutuhkan suatu tahap yang disebut stratifikasi. Stratifikasi merupakan upaya meniru keadaann asli tanaman ini yang melalui masa  musim dingin.  Tanpa melalui tahap ini, biji mawar akan sulit berkecambah.

Alat dan bahan:

  • Plastik ziplock
  • Pasir
  • Hidrogen Peroksida (kalau ada) untuk mencagah jamur
  • Air
  • Panci
  • Kompor
  • Kulkas

Berikut cara stratifikasi benih mawar:

  • Ambil pasir satu genggam lalu masak menggunakan panci sampai suhu di atas 70 derajat celcius.
  • Biarkan pasir dingin lalu dilembabkan dengan menggunakan Air atau larutan hidrogen peroksida 5%. Pasir yg lembab akan berwarna hitam, sedangkan pasir kering berwarna putih. Jangan sampai terlalu basah, cukup lembab saja.
  • Masukkan pasir tersebut ke dalam ziplock sampai setengahnya dan masukkan juga benih mawar lalu kocok-kocok sehingga pasir dan benih tercampur
  • Sebaiknya beri label tanggal dan varietas mawar.
  • Taruh ziplock tersebut ke dalam kulkas (4 derajat celcius), jangan ditaruh di freezer.
  • Tunggu selama 8 minggu (2 bulan).
  • Jaga selalu kelembaban benih tersebut, jika pasir berubah warna menjadi putih maka beri sedikit air agar lembab.

Setelah melakukan stratifikasi, tinggal tanam benih ke wadah-wadah seperti menanam benih biasa.

[ps_product_list id_product=120,72 tpl=pes.tpl]

You may also like...

24 Responses

  1. rosita says:

    bisa tlng foto ziplocknya pak? msh kurang bayangan nih…

  2. disa says:

    iya pak…
    bsa tlong perlihatkan contoh fotonya ziplocknya pak…
    trus stelah di Masukkan benih mawar ke dalam ziplock tersebut lalu dicampur dengan pasir di dalamnya.Pasirnya itu pasir biasa atau pasir yg di masak td pak…?
    mohon bantuan dan kerja samanya ya pak….

  3. metha says:

    mas pasirnya yang kaya gimana?

  4. rian says:

    Bisa kasih liat foto yang udah berkecambah ga? Benih sy ga ada yg keluar tunas tuh, udah pake stratifikasi jg. Masa dari sgitu byk benih ga ada yg jadi. Kalo ada yg stek aja deh sy beli.

  5. ana says:

    Pasir yang digunakan, pasir biasa atau pasir khusus? Terimakasih

  6. yang digunakan itu pasir biasa atau pasir yang ada campuran tanahnya

  7. zulham says:

    Itu gambar2 mawar real kan mas??
    cz, waktu saya di batu, malang ..lihat mawar hijau beda dgn yg ada di gambar ini.

  8. Ajar anggraini says:

    klw pakai menit dimasakx kira kira brapa menit pak.

  9. leonardus kalumbang says:

    apa satu bibit mawar di sipan dalam satu plastik ziplock ? boleh gk dlam satu plastik ziplock di masukkan banyak bibit mawar ?

    • Zakiyah says:

      Tergantung dari ukuran plastik ziplock-nya ya? Kalau terlalu kecil, apakah tidak akan menyulitkan saat pemindahan ke polibag?

      Dalam kulkas, kan plastik dalam kondisi terbuka.

      Suwun.

  10. Dyah says:

    Saya sdh beli benihnya. Tp saya baca2 tingkat keberhasilannya rendah, jadi khawatir. Bisakah disertakan foto benih yg sdh berhasil berkecambah di Sambada Farm? Terimakasih… #MengharapPenghiburan&Motivasi 😉

  11. arie says:

    itu kan di bungkus dgn pasir selama 2 bulan.
    setelah itu di tanam nya di campur dgn tanah biasa boleh apa ngga ? apa 1 pot isi nya pasir semua ?
    pasir nya yg biasa buat bangun rmah itu kan ?

  12. ratna says:

    maaf mau tanya, untuk benihnya itu satu macam warna atau macam warna ?

  13. Anggi says:

    kalau mau beli yang sudah numbuh dan berbuah bisa apa tidak pak?biar semangat nanti nanam yg benihnya.

  14. dhian arum anggraini says:

    saya juga nanam benih mawar rainbow,blm kelihatan kecambah,mungkin cara tanamx salah kali,aq tanam lsg kepolbag,pakai tanah pupuk

  15. Zakiyah says:

    Laman ini masih aktif untuk transaksi pembelian bibit mawarkah? Karena tak ada komentar dari sang pemilik.

    Saya akan pesan bibit mawar. Jika sudah ada komentar, saya akan pesan.

    Terimakasih.

  16. yustina says:

    kalau mau beli pohon mawar rambat yg sudah jadi tinggal tanam ada?
    Terima kasih

  17. indah says:

    gimana neh bibit mawar q ngak da yang berkecambah. sudah q coba sesuai petunjuk. hmm ada baiknya jual yang stek aja ya…q mau coba, karena stratifikasi biji itu susahhnyaa ampiuuunnn….

  18. Nining says:

    Maaf mas saya mau tanya, yang dipakai semai mawar itu pasir buat bangun rumah atau pasir khusus? maaf neh…masih bingung hehe…soalnya baru pertama kali nyoba nanem mawar dari biji. Trims 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *