Perbedaan Domba dan Kambing

Kambing dengan tanduk yang ramping ke atas. - gambar dari http://en.wikipedia.org/wiki/File:Hausziege_04.jpg oleh Armin K├╝belbeck

Taksonomi

Meskipun domba dan kambing memiliki penampakan yang hampir sama, nama ilmiahnya ternyata sangat berbeda. Bahkan mereka tidak di genus yang sama. Domba memiliki nama ilmiah Ovis aries dengan jumlah kromosom 54, sedangkan kambing memiliki nama ilmiah Capra hircus dengan jumlah kromosom 60. Meskipun bisa saja terjadi persilangan antara domba dan kambing, namun sangat jarang anakannya yang fertil. Persilangan tersebut sering disebut dengan chimera.

Ekor

Cara termudah membedakan domba dan kambing adalah ekornya. Ekor kambing mencuat ke atas (kecuali saat sakit, takut atau dalam penderitaan), sedangkan domba menggantung ke bawah.

Makanan

Perbedaan terbesar dari domba dan kambing adalah cara mencari makan dan pilihan makanannya. Kambing dikategorikan menjengut, yaitu lebih memilih untuk memakan daun-daunan, ranting pohon, tumbuhan merambat dan perdu. Sedangkan domba digolongkan merumput, yaitu lebih suka pada rerumputan dan mereka senang makan dekat dengan permukaan tanah, berbeda dengan kambing yang suka memanjat dan memakan ujung-ujung tanaman.

Domba dan tanduknya yang melingkar

Perilaku

Banyak perbedaan perilaku kambing dan domba. Kambing lebih mandiri dan ingin tahu, sedangkan domba lebih penakut dan menjauh. Domba memiliki insting yang lebih besar untuk bergerombol menjadi kawanan dan akan sangat gelisah jika terpisah dari kawanannya.

Dalam pertarungan, seekor domba jantan akan mengambil ancang-ancang lalu lari ke depan untuk mengadu kepala. Seekor kambing jantan dalam pertarungan akan berdiri memakai kaki belakang lalu menghunjamkan kepalanya ke arah lawan. Dalam hal ini gaya pertarungan domba lebih asyik untuk ditonton.

Tanduk

Kebanyakan kambing secara alami memiliki tanduk. Beberapa kambing memiliki jenggot. Kebanyakan galur kambing secara alami tidak punya tanduk. beberapa domba memiliki surai. Tanduk kambing lebih ramping, ke atas, dan tidak begitu melengkung. Sedangkan tanduk domba lebih melengkung, melingkar ke samping kepala.

You may also like...

13 Responses

  1. cehaer says:

    Bagus tambah wawasan untuk membedakannya

  2. amirul says:

    mau tanya,,kalu mengenai kambing peranakan etawa itu beraopa ya jumlah kromosom nya?apakh setiap dari yang ternmasuk kambing itu jumlah kromosom nya sama ?kan macam macam kambing banyak sekali..terimaksih

  3. arif suhaimi says:

    mau tanya di mana dan siapa aja yang mau menerima kambing domba dg bobot di atas 15 kg, soalnya saya kesulitan tentang penjualan. trims atas infonya.

  4. kalo secara fisik kayaknya terlihat besar sekali perbedaannya ya antara domba dan kambing, jadi sepertinya kecil kemungkinannya kalo kita salah dalam membeli.

  5. Taufik Kurrahman says:

    Apakah bisa disilangkan antara kambing PE dan Domba..??
    kalau bisa,berapa persen kemungkinan keberhasilannya..??
    Mohon jawabanya & terima kasih…:-)
    Wassalam…

  6. Salam kenal, senang bisa nambah pengetahuan disini dan berbagi ilmu. sukses buat sambadafarm
    abiwanto

  7. JITO NEGORO says:

    kalau jenis kambing yang cepat besar untuk pedaging jenis pa bos, hubungi saya di 081904755111
    kami akan mengembangkan untuk penggemukan

  8. pikun says:

    om pexakit apa yang karier pada domba tetapi dpat mexebabkan pexakit pda sapi.
    kan kita ketahui bahwasanxa sapi sama domba tidak boleh dipelihara pada tempat yang sma????
    jwb ya om btuh cepat ni,,,,thanks

  9. Nyimak dulu. Sy malah baru kali pertama lihat-lihat web ini. Tks, banyak info.

  10. hayden says:

    tambah lagini bang soal bulu kalok kaming lurus kalok domba dominan keriting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *