Sambada Farm

Perbedaan Domba dan Kambing

November 5, 2011

Kambing dengan tanduk yang ramping ke atas. - gambar dari http://en.wikipedia.org/wiki/File:Hausziege_04.jpg oleh Armin K├╝belbeck

Taksonomi

Meskipun domba dan kambing memiliki penampakan yang hampir sama, nama ilmiahnya ternyata sangat berbeda. Bahkan mereka tidak di genus yang sama. Domba memiliki nama ilmiah Ovis aries dengan jumlah kromosom 54, sedangkan kambing memiliki nama ilmiah Capra hircus dengan jumlah kromosom 60. Meskipun bisa saja terjadi persilangan antara domba dan kambing, namun sangat jarang anakannya yang fertil. Persilangan tersebut sering disebut dengan chimera.

Ekor

Cara termudah membedakan domba dan kambing adalah ekornya. Ekor kambing mencuat ke atas (kecuali saat sakit, takut atau dalam penderitaan), sedangkan domba menggantung ke bawah.

Makanan

Perbedaan terbesar dari domba dan kambing adalah cara mencari makan dan pilihan makanannya. Kambing dikategorikan menjengut, yaitu lebih memilih untuk memakan daun-daunan, ranting pohon, tumbuhan merambat dan perdu. Sedangkan domba digolongkan merumput, yaitu lebih suka pada rerumputan dan mereka senang makan dekat dengan permukaan tanah, berbeda dengan kambing yang suka memanjat dan memakan ujung-ujung tanaman.

Domba dan tanduknya yang melingkar

Perilaku

Banyak perbedaan perilaku kambing dan domba. Kambing lebih mandiri dan ingin tahu, sedangkan domba lebih penakut dan menjauh. Domba memiliki insting yang lebih besar untuk bergerombol menjadi kawanan dan akan sangat gelisah jika terpisah dari kawanannya.

Dalam pertarungan, seekor domba jantan akan mengambil ancang-ancang lalu lari ke depan untuk mengadu kepala. Seekor kambing jantan dalam pertarungan akan berdiri memakai kaki belakang lalu menghunjamkan kepalanya ke arah lawan. Dalam hal ini gaya pertarungan domba lebih asyik untuk ditonton.

Tanduk

Kebanyakan kambing secara alami memiliki tanduk. Beberapa kambing memiliki jenggot. Kebanyakan galur kambing secara alami tidak punya tanduk. beberapa domba memiliki surai. Tanduk kambing lebih ramping, ke atas, dan tidak begitu melengkung. Sedangkan tanduk domba lebih melengkung, melingkar ke samping kepala.

perbedaan kambing dan domba, capra hircus taksonomi, Jumlah kromosom pada kambing, perilaku domba, rumus kromosom kambing, tentang domba dan kambing, yhs-fh_lsonsw

13 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *