Benih Poblano

Poblano:

Tinggi tanaman : 60-90 cm
Panen : 75 HST
Jarak tanam : 45-60 cm
Kepedasan: 1.000-1.500 SHU

Poblano merupakan cabe dengan tingkat kepedasan ringan yang berasal dari daerah Puebla, Mexico. Jika dikeringkan maka cabe ini disebut “chile ancho” (cabe lebar). Cabe Poblano yang masak ┬árasanya lebih pedas dan lebih beraroma daripada yang masih muda. Ketika muda warnanya hijau tua keunguan dan berubah menjadi merah tua saat masak.

Cara mengolah poblano antara lain dengan: dikeringkan, digoreng balut telur, diisi, ataupun dibuat saus mole. Cabe ini sangat populer saat festifal kemerdekaan Mexico yang merupakan bagian dari makanan yang bernama “chiles en nogada”, yang membentuk warna hijau, putih dan merah yang sesuai dengan warna bendera mexico.

Setelah dipanggang dan dikupas (membuat tekstur lebih bagus dengan cara menghilangkan kulit berlilin), poblano diawetkan dengan cara dikalengkan atau dibekukan. Menyimpannya dalam wadah kedap udara bisa mengawetkan selama beberapa bulan. Jika dikeringkan, poblano jadi lebar dan gepeng membentuk hati yang disebut “ancho”; kemudian dapat digiling menjadi bubuk untuk penyedap berbagai masakan.

Poblano

harga eceran: Rp 300,-/biji
harga curah: Rp 25.000,-/gram

[benih_footer]